INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH RUMAH POTONG HEWAN
( IPAL RPH )  DENGAN PROSES BIOFILTER

IPAL Rumah Potong Hewan, ! Pencemaran lingkungan dan pengawasan terhadap kualitas daging Sapi potong di daerah sangat diperhatikan oleh Pemerintah, melalui Suku Dinas Peternakan  berupaya untuk membuat pengolahan air limbah rumah potong hewan yang berasal dari pasar pemotongan hewan ( RPH ) sapi, agar tidak mencemari lingkungan di sekitarnya yang banyak terjadi di wilayah lain.

Membangun suatu instalasi pengolahan air limbah ( IPAL ), sebelum pasar itu beroperasi sangatlah bagus di banding; membangun ipal setelah terjadinya pencemaran karena pasar sudah beroperasi.

Tujuan dan sasaran dari kegiatan ini ?

Adalah merancang bangun instalasi pengolahan limbah cair RPH khususnya hewan sapi, dengan proses biofilter. Sedangkan sasaran yang diperoleh adalah diperolehnya teknologi pengolahan limbah cair rumah potong hewan yang dapat mengatasi pencemaran lingkungan.

Disain unit alat pengolahan air limbah dirancang berdasarkan jumlah dan kualitas air baku kubikasi perhari, untuk menentukan Volume pengolahan Tangki ipal biofilter serta disesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada.

Tangki Ipal pengolahan air limbah tersebut akan di rancang dalam bentuk yang kompak, agar pemasangan/pembangunan serta operasinya mudah, serta diusahakan menggunakan energi sekecil mungkin.

Bagaimana Proses IPAL Rumah Potong Hewan ?

Seluruh air limbah dari kegiatan rumah potong hewan, di alirkan ke saluran pembuangan dan di lewatkan melalui saringan kasar ( bar screen ) untuk menyaring sampah / padatan yang berukuran besar seperti : Bulu hewan, plastik, daun, kertas, usus. dll.

Setelah melalui screen air limbah di alirkan ke Grease Trap / Bak pemisah lemak atau minyak untuk memisahkan lemak atau minyak serta untuk mengendapkan kotoran pasir, tanah atau padatan-nya yang berasal dari kegiatan pemotongan hewan yang tidak dapat di terurai secara biologis.

Selanjutnya, limpasan dari bak pemisah lemak dialirkan ke bak ekualisasi yang akan berfungsi sebagai bak penampungan limbah dan bak kontrol aliran yang akan selanjutnya di alirkan ke Tangki IPAL.

Proses pengolahan air limbah dengan sistem biofilter anaerob-aerob dapat dilihat pada gambar 1.

Keunggulan IPAL BIOFIVE pengolahan air limbah RPH dengan System BIOFILTER Anaerob-Aerob :

  1. Biaya operasinya rendah dan murah.
  2. Terbukti mampu menurunkan Zat Organik ( BOD, COD ), Ammonia, Padatan tersuspensi ( SS ), phospat, nitrogen dan lainnya.
  3. Pengoperasiannya Mudah ( Pengoperasiannya tanpa dilakukan sirkulasi lumpur, tidak terjadi masalah “bulking” seperti pada proses lumur aktif ( Activated sludge process ).
  4. Lumpur yang dihasilkan sedikit ( 10-30% ).
  5. Dapat digunakan untuk pengolahan air limbah dengan konsentrasi zat organik rendah maupun tinggi.
  6. Tahan terhadap fluktuktuasi jumlah air limbah maupun fluktuasi konsentrasi.
  7. Pengaruh penurunan suhu terhadap efisiensi ipal.

    Proses Instalasi RPH Ipal Anaerobic Aerobic With WTP Nanotech System.
Ipal Pengolahan Air Limbah Cair Rumah Potong Hewan
Gambar 1

Untuk Respon cepat mengenai produk ipal dan harga IPAL Rumah Potong Hewan dapat langsung menghubungi :

FLOWRENCE, SE
Hp. 0812 190 90 777   |  0878 7679 0777 ( WA )

error: Content is protected !!
Call Us